Yayasan Pendidikan Islam

MA'AHID

LAJNAH QUR'AN MA'AHID


Dalam rangka meningkatkan kemampuan Guru Lokal dan pondok Ma'ahid dalam membaca Al Qur'an dengan baik dan benar. Maka dibentuklah Lajnah Qur'an Ma'ahid yang merupakan wadah bagi para asatidzah Ma'ahid mengasah dan memperdalam kemampuan membaca Al Qur'an.

Bekerjasama dengan lembaga yang telah berpengalaman puluhan tahun dalam mencetak guru Al-Qur'an yaitu Yayasan Roudlotul Mujawwidin Semarang yang didirikan oleh almarhum K.H. Dahlan Salim Zarkasyi, beliau adalah muasis metode baca Al Qur'an Qiro'ati.

Dimulai tanggal 8 september 2016, ibu Aisyah Dahlan (putri alm KH. Dahlan) dan Bapak Hasyim (menantu alm KH. Dahlan), beliau berdua datang ke Ma'ahid untuk melihat sejauh mana kemampuan asatidzah Ma'ahid dalam membaca Al Qur'an. Beliau berdua mengapresiasi kesungguhan para Asatidzah Ma'ahid untuk mempelajari dan mengajarkan Al Qur'an, beliau merekomendasikan untuk dilakukan pembinaan mandiri di Ma'ahid sebagai persiapan mengikuti ujian tashih di akhir tahun ini. Selepas itu, asatidzah berkumpul untuk bersama-sama belajar Al Qur'an dengan metode qiroa'ti seminggu sekali setelah KBM, dari situlah kemudian forum itu di sebut LAJNAH QUR'AN MA'AHID.

Teriring do'a dari segenap alumni, wali murid, siswa serta yang simpati dengan kami agar kami dapat istiqomah dalam memperjuangkan Agama Allah melalui pendidikan Ma'ahid untuk mencetak generasi Qur'ani, generasi Robbani.

" Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya" (Q.S. Ali Imron : 78).

Dalam perjalanannya, tepatnya tanggal 20 Nopember 2016 dilaksanakanlah tashih Qiro’ati untuk pertama kalinya bagi Asatidz Ma’ahid. Alhamdulillah tercatat 12 Asatidz Ma’ahid dinyatakan lulus oleh pengurus pusat Qiro’ati Semarang.

Awal semester genap tahun pelajaran 2016/2017 Ma’ahid memberanikan diri untuk melakukan pembinaan qiro’ati bagi peserta didik kelas 7 MTs Ma’ahid dan kelas X MA Ma’ahid dan berjalan hingga saat ini dengan target selama 2 tahun para siswa telah menyelesaikan hingga EBTAQ.

Diawal tahun 2017, Lajnah Qur’an Ma’ahid mendapat apresiasi dari pengurus Yayasan Pendidikan Islam Ma’ahid dengan diberikannya SK Pembentukan Pengurus Lajnah Qur’an Ma’ahid nomor : 001/A-1/YPIM/I/2017 tanggal 11 Januari 2017 dengan susunan sebagai berikut:

Penanggungjawab :

Dewan Pengarah :

Ketua :

Sekretaris :

Bendahara :

Anggota – anggota :

Alfitriatu Ahlifatuz Zumamah

Dan Alhamdulillah, tanggal 26 September 2017, dari 5 guru yang mengikuti tashih Qiro’ati pusat semuanya dinyatakan lulus, sehingga di Lajnah Qur’an Ma’ahid hingga saat ini terhimpun 17 Asatidz yang telah mempunyai Syahadah Qiro’ati.



Hubungi Kami:



email : maahidku@gmail.com

Telepon : 0291 436437


Temukan Kami